SELAMAT DATANG DI BLOG MUHBIB ABDUL WAHAB

4 Apr 2010

TIPS MENULIS MAKALAH (PAPER)

Para mahasiswa FITK UIN yang saya apresiasi, menulis makalah merupakan tugas akademik yang hampir setiap minggu harus dilakukan oleh mahasiswa. Menulis makalah itu tidaklah sulit, asal masalah dan pokok bahasan yang akan ditulis itu dikuasai dengan baik. Tips berikut mudah-mudahan dapat membantu saudara/i dalam menyiapkan makalah yang baik dan layak dipresentasikan.

1. Pahami dengan baik judul makalah yang akan ditulis.

2. Cobalah Anda mengajukan beberapa pertanyaan mengenai judul itu dengan minimal 6 kata tanya (5W+1H: Apa, Siapa, Kapan,Di mana, Mengapa, dan Bagaimana). Jika judul makalah adalah “Aplikasi Teori Konteks dalam Pembelajaran Mufradat”, maka beberapa pertanyaan berikut layak apa ajukan kepada diri sendiri: (a) Apa itu konteks, apa itu teori konteks? (b) Siapa pencetus teori ini, kapan dan dimana? (c) Mengapa teori konteks itu muncul: apa yang melatarbelakanginya; apakah teori ini muncul sebagai reaksi atau koreksi terhadap teori sebelumnya? (d) Bagaimana aplikasi teori konteks dalam pembelajaran kosakata? (d) Bagaimana membelajarkan mufradat secara kontekstual?

3. Setelah itu, usahakanlah Anda dapat menjawab pertanyaan demi pertanyaan itu melalui pengumpulan bahan (informasi, data, teori, dan pendapat), dari sumber kepusatakaan maupun melalui ”berselancar” di dunia maya (internet).

4. Dalam mencari dan mengumpulkan bahan, carilah sumber yang paling otoritatif di bidangnya. Misalnya, mulailah dengan mencari arti kata (etimologi) dan definisi (terminologi) dengan merujuk pada kamus atau ensiklopedia yang relevan. Jika dalam ensiklopedi itu dicantumkan daftar pustaka terkait dengan bahasan yang relevan dan pertanyaan-pertanyaan tersebut, temukan dan baca referensi itu sebaik-baiknya (sampai paham).

5. Buatlah outline atau poin-poin penting terkait dengan makalah yang akan anda tulis.

6. Siapkan secarik kertas atau buku catatan untuk membuat konsep dasar berikut catatan rujukan berdasarkan hasil pembacaan Anda. Jika tidak menyukai cara ini, Anda bisa langsung mulai menulis poin demi poin.

7. Kembangkan kreativitas Anda dalam menulis. Jika menemukan empat (4) definisi tentang ”konteks” dari berbagai sumber, buatlah definisi kelima dengan meramu dan mereformulasikan definisi-definisi yang ada. Kalau Anda hanya membiarkan 4 definisi itu dikutip tanpa dianalisis kesamaan dan perbedaan masing-masing definisi, serta dibuat sintesa definisi baru, Anda berarti belum berpikir kreatif.

8. Dalam mengembangkan gagasan, usahakan Anda melengkapi dengan fakta dan data pendukung dan argumentasi yang logis, baik dikonstruk dari teori-teori yang terkait maupun dari hasil penelitian orang lain dan pengalaman empirik Anda.

9. Pergunakan bahasa Indonesia baku, kaidah bahasa yang baik dan benar, ejaan dan tanda baca yang tepat dan akurat. Jika ragu dalam penggunaan ejaan, istilah, dan lainnya, rujuklah Kamus Besar Bahasa Indonesia atau kamus istilah/ensiklopedi (mu’jam musthalahat, Da’irat al-ma’arif) yang relevan.

10. Pastikan kesimpulan yang Anda buat sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan dalam pendahuluan (muqaddimah). Lengkapi makalah Anda dengan catatan kaki (footnotes) dan daftar pustaka yang meyakinkan.

11. Tampilkan keseluruhan makalah Anda dengan alur pembahasan yang mengalir, sistematis, logis, dan inspiratif. Perkuat uraian dan elaborasi Anda dengan fakta, data, teori, dalil, dan argumentasi yang logis dan faktual.

12. Sebelum dicetak, baca ulang secara cermat dan edit kembali apa yang telah Anda tulis. Usahakan kesalahan-kesalahan teknis dan kebahasaan yang mengganggu tidak dijumpai, sekurang-kurangnya diminimalisir!

13. Agar persentasi Anda meyakinkan, buatlah power point dari makalah Anda, sehingga Anda benar-benar telah menguasai substansi makalah dan siap mempresentasikannya di hadapan teman sejawat dan dosen Anda.

14. Jangan lupa memulai dan mengakhiri pembuatan makalah dengan berdoa kepada Allah Swt. Niati pembuatan makalah sebagai bagian dari tugas religius (ibadah) berupa mencari ilmu, menemukan kebenaran, dan menyebarluaskan ilmu Allah kepada yang lain. Mudah-mudahan dengan begitu, ilmu yang Anda peroleh melalui penulisan makalah ini betul-betul membekas dan membawa berkah.

Selamat mencoba dan berkreasi, mudah-mudahan membuat makalah menjadi bagian penting dalam perjalanan dan kesuksesan akademik Anda. Dengan membuat makalah, sebanarnya Anda dilatih untuk menjadi: tekun, memiliki daya jelajah baca yang luas, multiberpikir positif (logis, kreatif, dan kritis), jujur, objektif, sistematis, dan sabar. Orang yang jujur dan sabar itu selalu berkoalisi dengan Allah Swt.
Salam sukses dari Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswa FITK UIN Jakarta

Muhbib Abdul Wahab

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar